Baru Mulai Belajar Investasi Ini 8 Sektor Paling Aman Untuk Investasi Pemula-pyruous.id
Baru Mulai Belajar Investasi Ini 8 Sektor Paling Aman Untuk Investasi Pemula-pyruous.id

Baru Mulai Belajar Investasi? Ini 8 Sektor Paling Aman Untuk Investasi Pemula

Pasar yang tidak stabil dan bergejolak dapat menggoyahkan kepercayaan Anda pada investasi berisiko seperti saham. Itulah sebabnya banyak investor mentransfer uang mereka ke investasi yang aman ketika terjadi ketidakstabilan. Investasi yang lebih stabil, lebih aman, dengan hasil yang lebih rendah melindungi uang tunai Anda — dan bahkan dapat memberikan pertumbuhan moderat di masa-masa sulit.

Jika Anda mencari tempat berlindung yang aman di pasar yang sulit, delapan investasi aman ini menawarkan risiko lebih kecil daripada saham – belum lagi ketenangan investasi Anda.

Rekening Tabungan Hasil Tinggi (High – Yield Savings)

Rekening tabungan hasil tinggi hampir merupakan jenis rekening teraman untuk uang Anda. Rekening bank yang disediakan oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) ini sangat likuid dan kebal terhadap fluktuasi pasar. Perlu diingat, jika inflasi lebih tinggi dari hasil persentase tahunan (API), uang Anda bisa kehilangan daya beli.

Baru Mulai Belajar Investasi? Ini 8 Sektor Paling Aman Untuk Investasi Pemula
Baru Mulai Belajar Investasi? Ini 8 Sektor Paling Aman Untuk Investasi Pemula

Suku bunga umumnya rendah untuk semua rekening deposito – dan akan tetap demikian di masa mendatang. Namun, Anda dapat memperoleh pengembalian sederhana dengan rekening tabungan terbaik, meskipun tidak selalu mengikuti inflasi.

Sertifikat Deposito

Jika Anda tidak memerlukan akses langsung ke uang tunai, tetapi ingin mendapatkan lebih dari sekadar rekening tabungan, sertifikat deposito (CD) adalah pilihan yang baik, kata Kevin Matthews, mantan penasihat keuangan dan pendiri situs web investasi Building Bread. Selain itu, CD menikmati jumlah asuransi FDIC yang sama dengan jenis rekening deposito lainnya.

Seperti halnya rekening tabungan, CD cenderung memiliki tingkat rendah dalam beberapa tahun ke depan. Meskipun tarif mungkin lebih tinggi pada CD jangka panjang, ingatlah bahwa mereka mengunci uang Anda, mengurangi likuiditas Anda, dan biasanya mengenakan penalti jika Anda menarik uang tunai lebih awal (biasanya bunga beberapa bulan). Meskipun tidak ada CD tanpa penalti, mereka umumnya datang dengan hasil yang lebih rendah.

Investasi Emas

Banyak investor menganggap emas sebagai investasi paling aman. Ingat, dalam jangka pendek bisa mengalami perubahan harga yang drastis seperti saham dan aset berisiko lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa emas dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang.

Menurut David Stein, mantan fund manager dan penulis buku tentang investasi “Uang untuk kita semua”, Anda perlu mengingat beberapa hal dengan emas sebagai investasi yang aman, tergantung pada kebutuhan Anda.

“Ini bisa menjadi tempat yang aman karena terlindungi dari inflasi dalam jangka panjang, tetapi tidak melindungi Anda setiap tahun,” katanya. “Tetap saja, ini adalah aset moneter, sehingga dapat membantu Anda melakukan diversifikasi dari aset berdenominasi dolar, jika itu yang Anda minati.”

Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah dianggap sebagai investasi teraman di dunia. Karena pemerintah tidak pernah ketinggalan dalam membayar utangnya, investor melihat brankas Pemerintah sebagai sarana investasi yang sangat aman.

Perbendaharaan baru-baru ini menjadi kurang menarik karena hasil yang rendah. Namun, Anda bisa mendapatkan perlindungan dari inflasi jika Anda memilih TIPS, yaitu obligasi negara yang dilindungi oleh inflasi.

Anda dapat membeli obligasi pemerintah langsung atau melalui pasar sekunder, lewat berbagai platform broker online. Meskipun kami harus memperingatkan anda akan pasar sekunder, karena pengecer sering berurusan dengan biaya tambahan.

Anda juga dapat berinvestasi di reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa saham yang menjual obligasi Pemerintah secara eksklusif. Ini membebaskan Anda dari kerumitan membeli obligasi individu dan menghilangkan masalah dengan penjualan kembali obligasi di pasar sekunder jika Anda membutuhkan uang sebelum obligasi jatuh tempo.

Obligasi Tabungan.

Jika Anda ingin mempertahankan diri dari inflasi, sekaligus mendapatkan bunga, lihatlah obligasi tabungan Seri I, obligasi pemerintah yang imbal hasilnya tidak boleh di bawah nol. Mereka memiliki keunggulan yang dapat menghasilkan pengembalian negatif.

Untuk obligasi I, ada tingkat gabungan sekitar 1,6% selama enam bulan ke depan, yang lebih baik daripada yang Anda lihat di banyak rekening tabungan hasil tinggi.

Sayangnya, Anda hanya dapat menginvestasikan $ 10.000 setahun dalam nomor jaminan sosial, meskipun Anda mungkin dapat menghindari ini dengan memesan pengembalian pajak Anda untuk digunakan untuk membeli obligasi selain pembelian terpisah.

Namun, peringatan penting: Obligasi juga mendapatkan bunga hingga 30 tahun. Anda harus menyimpannya setidaknya selama satu tahun sebelum Anda dapat melikuidasinya dengan pemerintah, dan jika Anda mencairkannya sebelum Anda menyimpannya setidaknya selama lima tahun, Anda akan kehilangan bunga tiga bulan.

Obligasi Korporasi

Jika Anda menginginkan pengembalian yang lebih tinggi, pertimbangkan obligasi korporasi. Mereka umumnya menawarkan tingkat bunga yang lebih menarik, tetapi juga membawa risiko yang lebih tinggi karena beberapa perusahaan memiliki pembayaran kembali dari Pemerintah.

Untuk memastikan investasi yang aman, penting untuk meninjau peringkat obligasi. Matthews menyarankan untuk melihat obligasi korporasi yang dinilai sebagai investasi, yang biasanya berarti peringkat AAA, AA, A, dan BBB. Apa pun bisa memiliki hasil yang lebih tinggi, tetapi juga